10 Gunung di Indonesia Yang Harus Kamu Daki Selagi Masih Bisa

10 Gunung di Indonesia Yang Harus Kamu Daki Selagi Masih Bisa

Indonesia memang kaya akan tempat wisata mulai dari pantai, hutan, danau sampai gunung. Semua memiliki spot yang layak untuk dikunjungi. Setelah beberapa kali membahas wisata tentang pantai-pantai di Indonesia, kali ini kita akan membahas lokasi hiking yang akan dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk pemula dan expert.

Gunung untuk Didaki Pemula

 

  1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan ini terletak di kota Garut, Jawa Barat. Gunung ini merupakan gunung yang banyak dikunjungi para pendaki baik pemula atau yang sudah berpengalaman. Alasan lain gunung ini ramai dikunjungi adalah akses transportasi menuju ke atasnya yang mudah.

Selain itu, Gunung Papandayan memiliki keindahan yang unik yakni adanya beberapa kawah di atasnya, seperti Kawah Manuk, Kawah Nangklak, Kawah Baru dan Kawah Mas.

  1. Gunung Ijen

Pasti sudah pada tahu kan nama gunung satu ini? Gunung yang ada di daerah Banyuwangi, Jawa Timur ini merupakan gunung yang direkomendasikan sebagai gunung untuk didaki pemula. Karena jarak pendakiannya sendiri tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu curam. Jaraknya sekitar 2.5 km dari dasar ke puncak.

Daya pikat lain Gunung Ijen adalah adanya penambangan belerang yang dilakukan masyarakat setempat. Kalau ingin lihat pemandangan super keren di gunung ini, kalian bisa menginap semalam dan lihatlah fenomena api biru yang hanya ada di Gunung Ijen.

  1. Gunung Panderman

Pendaki Jawa Timur bilang jangan coba naik gunung lain kalau belum pernah menaklukan Gunung Panderman yang ada di Batu, Malang, Jawa Timur. Tempat ini cocok sebagai gunung untuk didaki pemulakarena jalurnya tidak terlalu terjal. dan tidak terlalu tinggi pula. Jadi stamina tak akan terlalu terkuras.

Akses ke Gunung Panderman juga cukup mudah. Dari Batu, kalian bisa mengambil angkutan kota menuju desa Pesanggrahan. Motor atau kendaraan kalian juga bisa dititipkan di pos bawah sebelum mendaki.

  1. Gunung Kelimutu

Pasti pada tahu kan yang namanya Kawah Kelimutu? Sebelum melihat kawah ini kalian harus memanjat Gunung Kelimutu terlebih dahulu. Pendakiannya juga tidak terlalu sulit, jadi cocok untuk para pemula. Setelah sampai di atas sini kalian akan melihat pemandangan luar biasa dan sangat menyenangkan untuk dinikmati.

  1. Gunung Bromo

Sambil berwisata dan sambil berolahraga mendaki gunung, hal tersebut bisa kalian lakukan di Gunung Bromo. Salah satu destinasi wajib gunung untuk didaki pemula maupun expert. Tahu sendiri kalian bisa melakukan apa aja kan? Mulai dari melihat kawah, bermain di padang pasir, sampai melihat sunrise super keren.

Itu tadi adalah 5 gunung untuk didaki pemula. Sekarang kita lanjut ke level lebih atas lagi untuk pendakian.

 

Gunung Paling Bahaya untuk Didaki

 

  1.  Gunung Raung

Pendakian Gunung Raung memiliki jalur pendakian dengan level medium sampai expert. Nah di level expert ini kalian akan dihadapkan pendakian yang menantang dan mempertaruhkan nyawa Anda. Hanya ada seutas tali yang akan membantu anda mencapai puncak gunung ini.

  1. Gunung Cartenz

Gunung Cartenz adalah gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Lokasinya ada di Papua dan merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang tertutup selalu oleh kawanan kabut. Gunung ini sangat sulit ditaklukan selain karena suhu dingin di bawah 0 derajat celcius, jalur pendakiannya juga terkenal sangat curam.

  1. Gunung Kerinci

Gunung ekstrem sepertinya banyak terletak di luar Pulau Jawa, seperti Gunung Kerinci ini yang terletak di Jambi dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Meskipun dari bukit bawah kalian masih bisa menikmati perkebunan masyarakat setempat, namun tantangan sebenarnya bakal terasa ketika masuk setengah perjalanan, bukan hanya jalanan terjal, angin dingin, jalan sempit serta hewan buas seperti harimau bakal menantang perjalanan. Berani?

  1. Gunung Binaiya

Walau tak setenar Gunung Rinjani atau Mahameru, Gunung Binaiya terletak di Maluku dan gunung tertinggi di sini. Terkenal karena medan yang beraneka macam, mulai jalanan terjal, sungai hingga hutan belantara wajib kalian lahap sebelum sampai ke puncak.

  1. Gunung Arjuno

Meskipun gunung ini sering didaki, ternyata ada satu jalur yang cukup mengerikan ketika menuju puncak Gunung Arjuno, yakni Jalur Alas Purwo. Banyak saksi mengatakan bahwa orang yang hilang di gunung ini disesatkan indranya oleh penunggu di gunung tersebut. Percaya gak percaya deh. Coba aja sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *