10 Tempat Wisata Wajib di Sumatera Barat

10 Tempat Wisata Wajib di Sumatera Barat

Memilih lokasi wisata di Indonesia paling membingungkan bukan karena lokasinya yang sedikit tapi memang karena terlalu banyak. Di provinsi manapun pasti deh memiliki destinasi wisata tersendiri.

Sudah kalian menjelajahi lokasi wisata di setiap provinsi di Indonesia? Bakal selesai berapa tahun nih? Dalam artikel yang lalu kita sudah membahas tentang wisata di Sumatera Utara tepatnya di Pulau Nias, sekarang bakal dibahas tempat wisata di Sumatera Barat.

 

  1. Pantai Padang

sumber: keluyuranyuk.files.wordpress.com

Salah satu pantai yang wajib anda kunjungi ketika bertolak ke Sumatera Barat. Terletak di kota Padang, Pantai Padang saat ini sedang mengalami proses pemugaran atau diperbaiki. Selain indahnya pantai dan laut-nya, wisata kuliner pantas dicoba di pantai satu ini.

 

  1. Pantai Gondoriah

sumber: kabardunia.com

Di Indonesia jika bicara soal upacara adat pasti tak pernah ada habisnya. Tiap suku di daerah asalnya punya adat masing-masing. Di Gondoriah ada sebuah tradisi populer bernama Tabuik yang dilakukan tiap bulan Muharram. Selain itu, indahnya pantai juga jadi daya tarik tersendiri. Banyak oleh-oleh khas Padang bisa Anda beli disini.

 

  1. Kepulauan Mentawai

Salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang sudah mendunia adalah Kepulauan Mentawai. Menawarkan keindahan alam hutan serta pantai yang mengitari pulau-pulau besar seperti Pulau Sipora, Siberu, Pagai. Selain itu ombaknya yang besar menjadi tujuan utama para surfer kelas dunia.

Buat yang suka mengunjungi resort vila atas laut silahkan coba yang ada di Mentawai. Bakal betah dan lupa pulang, hehe.

 

  1. Puncak Langkisau

sumber: putriaulina.blogspot.co.id

Sebelum bertolak ke Bukittinggi, kalian wajib datang ke Bukit Langkisau yang ada di daerah Painan, Sumbar. Dari bukit ini bakal terlihat pemandangan indah kota serta pemandangan pantai yang indah banget.

Ada pula fasilitas flying fox yang sudah disediakan pihak setempat. Mau coba ?

 

  1. Pantai Carocok

Masih di daerah Painan nih. Setelah memanjat Bukit Langkisau, segera melepas lelah Anda di Pantai Carocok yang memiliki air laut jernih, mandi mandi di sini segar banget rasanya.

Pemerintah setempat bahkan sudah menyediakan wisata menantang seperti jet ski, banana boat, dll.

  1. Tempat Wisata Terbaru di Bukittinggi

Setelah bicara secara umum wisata di Sumatera Barat, kali ini kita bakal kunjungi kota terbesar kedua di provinsi Sumbar ini, ada wisata-wisata keren loh:

 

– Jam Gadang

sumber: tripadvisor.com

Ikon wisata kota Bukittinggi satu ini wajib banget dikunjungi. Hampir semua orang Indonesia tahu deh, tingginya sekitar 13 meter, bertempat di depan Istana Bung Hatta.

Di sekitar Jam Gadang kalian bisa bersantai sambil menikmati taman bunga dan para pedangan kaki lima yang berjajar rapi. Jalan bareng kekasih cocok banget nih, apalagi malam hari.

 

– Jembatan Limpapeh

sumber: baritominang.blogspot.co.id

Jembatan ini dibangun pada tahun 1995 lalu, dan menjadi ikon baru Kota Bukittinggi. Jembatan ini pula yang menghubungkan Benteng Fort de Kock dengan Taman Margasatwa Kinantan.

Rumah adat Padang menjadi pintu masuk ikonik jembatan satu ini, potret-able banget deh.

 

– Janjang Seribu

Kalau di China ada Tembok besar China yang famous banget, di Indonesia tepatnya di Bukittinggi ada Janjang Seribu. Yah, semacam miniatur dari Great Wall gitu deh.

Di sini kita dapat menyusuri tembok besar ini kurang lebih panjangnya 1 km-an. Pemandangan alam dari tempat ini bakal membuat Anda terpukau. Jangan lupa bawa air mineral kalau sudah menyusuri tembok mini ini.

 

– Gua Jepang

sumber: gosumatra.com

Salah satu situs sejarah yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Dibangun pada tahun 1942 dan digunakan sebagai tempat perlindungan orang Jepang tempo dulu waktu penjajahan.

Di gua ini kalian akan terpukau karena Jepang membangunnya dengan kegunaannya masing-masing.

-Ngarai Sianok

Ngarai ini memiliki luas kurang lebih 15 KM, dengan kedalaman kira kira 100 meteran dengan celah sekitar 200 meteran.

Formasi alam ini dibentuk oleh sebuah gerakan patahan lempeng bumi,  sehingga membuat tanah di sekitarnya sangat subur dan memberikan pemandangan begitu indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *