10 Wisata Kuliner Malaysia yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

10 Wisata Kuliner Malaysia yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

Kita bakalan terus update soal makanan enak baik dari lokal atau luar negeri, nih. Sekarang, giliran bahas kuliner di Negeri Jiran Malaysia. Mulai dari makanan khas Kuala Lumpur sampai kuliner halal di Kuala Lumpur akan kita bahas secara gamblang di artikel ini.

  1. Bak Kut Teh

Sebenarnya makanan ini berasal dari Tiongkok, namun sudah diadopsi di beberapa negara termasuk Malaysia. Khususnya di Kuala Lumpur, panganan ini adalah sebuah sup yang terdiri dari daging tanpa lemak yang direbus dalam sebuah bumbu dalam waktu yang cukup lama. Katanya sih kalau Bak Kut Teh ini semakin lama direbus, rasanya bakalan semakin enak.

  1. Wantan Mee

Jajanan ini merupakan sejenis mie dengan bumbu khusus, biasanya menggunakan saus barbeque ditambah kecap kedelai hitam. Buat yang non-muslim, bisa minta minyak babi ketika memasak, katanya rasanya bisa jadi luar biasa banget loh.

  1. Chee Cheong Fun

Ternyata, banyak juga makanan adopsi dari Tiongkok di Negeri Jiran ini, salah satunya adalah Chee Cheong Fun, yang artinya usus babi dan mie. Tapi ini bukan dari bahan dasar babi kok, hanya bentuknya saja yang mirip, jadi termasuk dalam kuliner halal di Kuala Lumpur.

  1. Nasi Lemak

Setelah beberapa makanan di atas yang dipengarhui kebudayaan Cina, sekarang saatnya kita bahas yang khas Melayu, namanya nasi Lemak. Nasinya sendiri dibuat setelah direndam dalam krim kelapa yang kemudian dikukus. Selain krim kelapa, ada juga tambahan bumbu seperti rempah, pandan dan jahe. Untuk lauknya bisa ditambah telur rebus, rumis kangkung atau rendang sapi.

  1. Nasi Kandar

Makanan khas Kuala Lumpur selanjutnya adalah Nasi Kandar. Nasi ini disiram dengan kuah kari yang cukup kental. Lauknya juga ada bermacam-macam, mulai dari cumi goreng, telur, daging kambing, sapi udang goreng sampai ayam goreng. Cukup bervariasi, ya.

  1. Nasi Daun Pisang

Makanan ini sebenarnya berasal dari India dan sudah diadopsi di Malaysia cukup lama. Kalau di Indonesia, nasi ini mungkin disebut dengan nasi pincuk karena dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Di dalamnya ada nasi yang diguyur dengan kari, ditambah lauk seperti rendang kambing, ayam dan beberapa macam sayuran.

  1. Murtabah

Dilihat dari bentuknya, makanan ini lebih mirip martabak telor, ya. Dan ternyata memang sama. Seperti di Indonesia, makanan satu ini pun banyak dijual oleh para pedagang kaki lima di Kuala Lumpur dan kota lain di Malaysia.

  1. Chie Chong Fan

Nah kalau makanan khas Kuala Lumpur satu ini datang dari Kanton dan sudah menyebar luas di Malaysia. Chi Chong Fan kalau di Indonesia sendiri mirip dengan kwetiau yang digulung lalu disiram dengan saus khusus dan sambal.

  1. Air Batu Campur

Setelah icip-icip makanan beratnya, sekarang saatnya menikmati makanan penutup khas Malaysia. Bentuknya mirip es serut di Indonesia atau es teler. Air batu campur ini terbuat dari serutan es yang ditambahkan dengan kacang merah, kolang kaling, agar-agar, nata de coco, cendol dan biasanya ada toping eskrim di atasnya.

  1. Air Mata Kucing

Nama minuman ini unik sekali ya, tapi bukan air mata kucing beneran kok. Minuman ini terbuat dari buah melon dan longan kering yang ditambahkan dengan air dan sebuah bongkahan es batu. Katanya sih, es ini nikmat sekali diminum ketika hari panas.

Di atas telah kami bagikan beberapa makanan khas Kuala Lumpur yang patut dicoba ketika sedang berada di Malaysia. Semoga membantu bagi kalian yang sedang ragu mana saja kuliner halal di Kuala Lumpur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *