10 Wisata Kuliner Singapore Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

10 Wisata Kuliner Singapore Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

Kali ini, kita akan membahas kuliner khas Singapura dan juga makanan favorit di Singapore yang sayang jika tidak dicicipi ketika melancong ke sana. Lalu jajanan khas Singapura apa saja sih yang cocok kita nikmati dan restoran mana saja yang punya makanan paling enak? Simak yuk di bawah ini.

  1. Nasi Ayam Hainan

Ini bukan nasi ayam penyet Lamonganan loh ya. Ini adalah makanan khas Singapura, namanya Ayam Hainan. Sebuah ayam utuh atau dipotong kecil-kecil dengan nasi yang beraroma wangi, ditambah sambal pedas dan juga jahe tumbuk ini dijamin membuat lidah bergoyang. Nasi ini biasa ditemui di banyak tempat di Singapura, tapi katanya yang paling enak ada di Chicken Rice di Maxwell Food Centre.

  1. Laksa

Kalau makanan yang satu ini sudah banyak di Indonesia dan juga negara Asia Tenggara lainnya. Namun, rasanya yang ditawarkan pasti beda-beda karena cita rasa lidah di setiap negara bervariasi. Nah, laksa di Singapura ini lebih mirip kare dengan rasa yang cukup pedas. Salah satu makanan favorit di Singapore ini dapat ditemukan di Area Hawker Centre Singapore atau di Killiney Kopitiam.

  1. Roti Prata

Roti Prata sudah dianggap biasa di Singapura karena budaya India memang terasimilasi di negara paling makmur se-Asia Tenggara ini. Roti ini terbuat dari tepung biasa dengan olesan minyak cukup banyak dan digoreng. Roti renyah ini biasanya disobek untuk dicampur dengan kuah kari ayam. Roti ini mudah ditemukan di rumah makan/kafe India, terutama di daerah Orchard Road.

  1. Kaya Toast

Jajanan khas Singapura selanjutnya adalah Kaya Toast. Roti dengan isi mentega ini dibakar dengan arang. Lalu, bagian luar roti dioleskan minyak dan selai tradisional dari kelapa serta telur. Panganan ini cocok disantap untuk sarapan dan hampir bisa ditemui di kafe-kafe India di Singapura.

  1. Kari Kepala Ikan

Salah satu makanan favorit di Singapore ini memadukan resep luar dan dalam negeri. Kerennya, tiap etnis mayoritas di Singapura, yaitu Melayu, Tionghoa dan India, memiliki versi resep makanan ini sendiri.

  1. Hokkien Prawn Mee

Tampilan mie ini bisa dibilang mirip dengan Mie Hokkian di Indonesia atau mie keliling yang bisa kita temukan di gang-gang perumahan. Bedanya, Hokkien Prawn Mee ini memiliki aroma sedap yang berasal dari kaldu yang dapat disesuaikan dengan selera, seperti kaldu babi atau udang.

  1. Roti Canai

Cukup banyak resep India yang menjadi makanan favorit di Singapore, seperti halnya Roti Canai. Cara membuat dan menggoreng roti ini cukup unik dengan cara memukul lalu mengayunkannya dengan gerakan terampil dari sang koki. Biasa disajikan dengan mentega khas India, rasa roti ini renyah, empuk dan gurih.

  1. Rojak Singapore

Bedanya rujak Indonesia dan Singapura terletak pada bahannya. Sayuran rujak Singapura terdiri dari kangkung, toge, timun mentah dan lobak serta buah dan cakwe yang disiram dengan sebuah saus hitam dan lengket plus kacang cincang ditambah bunga jahe agar wangi.

  1. Bakut Teh

Tulang iga khas Singapura yang biasa disantap adalah tulang iga babi. Resepnya pun ternyata berbeda, ada yang khas Melayu dan Tionghoa. Aroma yang disajikan cukup tajam karena terdapat lada di dalamnya.

  1. Claypot Rice

Kalau di Bojonegoro nasi bakar dibungkus dengan daun, di Singapura nasinya dibakar menggunakan mangkok tanah liat. Claypot rice biasanya ditambah sayur mayur serta daging ayam atau ikan yang disiram saus babi atau minyak arak agar tambah harum.

Masih banyak lagi jajanan khas Singapura yang dapat kamu temukan di tempat asalnya, tapi yang telah kami bagikan di atas dapat dibilang sebagai makanan favorit di Singapore. Selamat berkuliner ria, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *