5 Tempat Kuliner di Turki yang Populer dan Unik

5 Tempat Kuliner di Turki yang Populer dan Unik

Turki merupakan negara di Eropa yang kental dengan budaya dan sejarah Islam. Banyak orang Indonesia yang berkunjung ke Turki untuk berwisata karena kesamaan Islamnya. Banyak pula kuliner khas negara tersebut yang diadopsi atau dijual di negara kita loh. Kali ini, akan dibahas makanan-makanan khas Turki yang nikmat serta di mana bisa ditemukan.

  1. Menement Turki

Kalau kamu penikmat omelet, tak ada salahnya mencoba menu omelet khas Turki yang aduhai banget rasanya ini. Cara memasaknya juga tak biasa. Panggangan bawang dan cabai direbus dengan potongan tomat dan terakhir dicampur ke telur. Resep ini begitu murah dan menyehatkan.

Menemen modern sekarang ini sudah dicampurkan dengan beberapa bahan seperti keju, jamur, daging dan lain-lain. Kalau mau mencoba, silahkan mampir ke restoran berikut: Lades Muhallebi Resto (Beyoglu), Sutis (Beyoglu), Mehtap Cafe (Emigran).

  1. Meze Turki

Meze merupakan makanan khas Turki yang sedang terkenal di tempat kelahirannya. Makanan ini sejatinya adalah makanan tradisional, namun kembali populer di tahun 2017 lalu. Restoran yang mampu memasak ini disebut juga dengan Meyhane.

Meze ada beberapa jenis, yakni Patchcan Ezmesi (Panggang terong dengan yogurt), Ezme (Chili Pasta Tomat), Saksuka (Fried Eggplant dengan saus tomat), dan Barbunya (Pinto Beans).

Sedangkan, restoran terbaik di Turki yang menyajikan menu ini antara lain Meyhanesi di Beyoglu, Giritli Resto di Ahirkapi dan Munferit di Beyoglu.

  1. Tandir

Makanan khas Turki ini hadir dari Kota Kastamonu dekat dengan Laut Hitam. Salah satu jenis kebab yang dimasak dengan cara cukup unik. Terbuat dari daging kambing utuh tanpa organ dalam secara perlahan dengan cara digantung di atas perapian. Memasaknya harus menggunakan kayu pohon pinus agar aromanya begitu nikmat.

Tidak banyak restoran yang memasak Tandir (Kuyu kebabi) ini. Namun, yang paling terkenal ada di distrik Fatih tepatnya di Siirt Seref Buryan Kebab Salonu.

  1. Adana Kebab

Kebab merupakan makanan khas Turki dan memiliki cara memasak yang berbeda-beda. Untuk Adana Kebab, sekilas dilihat seperti sate lilit di Indonesia. Tapi, bahan yang dibutuhkan bukan daging kambing biasa, karena dagingnya harus diambil dari kambing jantan yang usianya di bawah satu tahun, agar mendapatkan rasa daging yang empuk dan wangi.

Daging kambing ini kemudian diremas bersama cabe merah, hijau dan paprika. Lalu diremukan di atas kayu ala tusuk sate, dipanngang bareng dengan bawang dan tomat. Di Turki, ada beberapa restoran yang menjual menu ini yakni Kebab Salonu di Besiktas, Zubeyir Ocakbasi di Beyoglu, dan Adana Yuzevler di Etiler.

  1. Kunefe Turki

Keju memang identik dengan negara-negara Eropa, namun buat kamu yang mau mencicipi keju khas Arab bisa coba Kunefe. Kunefe dibuat dari Kadayif, yang merupakan lapisan serat tipis pada adonan lalu di bawahnya dimasukkan adonan keju.

Menu satu ini nikmat banget ketika dimakan waktu masih hangat, karena kejunya masih sangat lumer dan meleleh ketik digigit. Tempat kuliner di Turki yang menjual Kunefe adalah di kafe-kafe besar.

Itu tadi 5 tempat kuliner di Turki yang menjual makanan khas Turki yang ternyata unik abis. Rasanya begitu mengesankan dan unik, jarang ditemukan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *