Apa Sih Glamping Itu?

Apa Sih Glamping Itu?

Mendaki gunung rasanya kurang afdol kalau tidak sambil nge-camp alias kemah. Ketika kalian bangun tidur, kalian bakal langsung disuguhkan keindahan alam yang tiada tara ketika di atas gunung. Semakin dewasa ini, ternyata nge-camp atau kemah ini menjadi sebuah gaya hidup baru bagi orang-orang berduit. Mereka menyebutnya dengan Glamping.

Glamping dan Fasilitasnya

Lalu apa sih Glamping itu? Dari singkatan kalimat glamour camping, Glamping adalah sebuah kegiatan camping namun para peserta camping ini tak perlu repot menyiapkan segala persiapan buat kemah, mulai dari peralatan makan, mandi dan kamar mandi. Terdengar mirip dengan hotel ya, namun yang membedakan adalah suasananya yakni suasana berkemah di alam bebas.

Glamping mulai diminati masyarakat pada awal tahun 2005 dan yang pertama mem-booming-kan Glamping di Indonesia adalah Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang ada di Bogor pada Tahun 2015 lalu. Fasilitas Glamping yang diberikan di tempat ini antara lain kasur besar tanpa dipan, kipas angin dan juga colokan listrik. Dari awal yang hanya ada 4 tenda, pengelola sekarang sudah memiliki tenda lebih karena peminat Glamping semakin banyak.

Dengan adanya Glamping membuat kita yang malas membawa peralatan kemah yang berat dan masak yang super ribet menjadi praktis ketika mendaki gunung ataupun bermalam di tengah hutan. Ketika rasa lapar mulai datang, jangan khawatir di salah satu kompleks Glamping di Bogor itu sudah ada petugas bersiap menyiapkan makanan.

Di luar suasana kemah yang ditawarkan, Glamping makin diminati karena beberapa hal lain. Bagi beberapa pengunjung, ketenangan lebih ketika istirahat di tengah hutan bisa didapatkan. Ada juga yang mengatakan bahwa dengan Glamping pengunjung merasa lebih aman karena ada penjaga yang menjaga di luar, jadi tidak perlu khawatir gangguan hewan buas.

Harga Glamping

Seiring berjalannya waktu, konsep Glamping ternyata banyak disadur beberapa penyedia resort-resort besar, antara lain Trizara Resort yang ada di Lembang, Dusun Bambu Family Leisure Park di Cisarua, juga The Lodge Maribaya di Lembang. Di Bali, juga ada beberapa resort yang menyediakan Glamping, dan harganya tentu lebih mahal.

Sekarang, untuk harga nge-Glamping per malamnya yang dipatok masing-masing tempat berbeda-beda, namun menurut informasi yang kami terima harga termurah sekitar 1,5 juta Rupiah per malamnya. Walau cukup mahal, namun memang pengunjung bakal mendapatkan suasana berbeda dibanding menginap di hotel dengan harga serupa.

Liburan Glamping paling cocok dilakukan bersama pasangan atau keluarga, dan kami rasa kurang cocok dilakukan bersama kelompok teman.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kami jelaskan mengenai Glamping dan sedikit tips dan infonya. Semoga bisa membantu kalian yang membaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *