Budgeting Liburan ke Korea Selatan

Budgeting Liburan ke Korea Selatan

Di era modern seperti sekarang ini jalan-jalan ke luar negeri bukanlah hal yang sulit dilakukan, dan tidak terlalu memakan uang yang terlalu banyak. Namun itu semua harus kita persiapkan secara matang terlebih dahulu.

Setelah membahas tentang berapa biaya yang akan kita habiskan ketika jalan-jalan di Jepang, kali ini masih tetep di Asia nih tepatnya di negara yang lagi ramai drama dan musik popnya. Dan itu adalah Korea Selatan.

Di Indonesia sendiri pasti para K-pop dan K-drama lovers pengen banget pergi ke negeri ginseng ini. Namun karena takut bahasa yang dipakai udah berbeda ditambah budget yang dipakai bakal membengkak. Nah mari kita perkirakan berapa duit sih yang bakal kita habisin waktu pergi ke Korea Selatan sebagai backpacker.

  1. Harga Tiket Pesawat

Kalau pengen sedikit berhemat pergi ke Korea Selatan sebagai backpacker ada baiknya Anda memesan tiket jauh jauh hari banget. Bisa 3 atau 6 bulan sebelum hari keberangkatan. Karena sebelumnya Anda juga perlu mengurus Visa juga.

Jangan lupa untuk selalu mencari info promo biar dapet diskon. Jika kita mendapat promo harga tiket kira-kira 2 juta-an sedangkan harga normal berkisar 4 juta-an.

Jangan lupa sekalian beli tiket pulangnya biar gak bingung nanti.

 

  1. Mencari Tempat Menginap

Sumber gambar : southernerabroad.wordpress.com

Jika sering mendengar harga penginapan atau hotel di Seoul mahal, mungkin Anda kurang jeli mencari. Coba cari motel atau guest house. Harganya murah sekitar Rp 200.000 an tempatnya juga bersih kok.

 

  1. Mengurus Visa

Sumber gambar: visitkorea.or.kr

Tidak seperti mengurus Visa untuk pergi ke negara Eropa atau Amerika. Mengurus visa ke Korea Selatan sebagai backpacker tergolong lebih mudah jika kita sudah menyerahkan dokumennya secara lengkap.

Harganya sekitar Rp 550.000-an jika diurus sendiri, namun jika lewat jasa tour dan travel harganya bisa mencapai Rp 700.000. Lama pengerjaan kira-kira dua mingguan.

  1. Transportasi di Korea Selatan

Sumber gambar: kojects.com

Hampir mirip dengan Jepang, di Korea Selatan juga menawarkan sebuah kartu untuk membayar yakni disebut dengan T-Money. Ini bisa digunakan untuk segala jenis transportasi di negara ginseng, praktis banget yah. Saran nih untuk bepergian ke luar kota baiknya pakek kereta lokal atau bis umum saja, taksi mahal harganya.

Budget T-Money untuk 5 hari kira-kira Rp 800.000-an.

  1. Obyek Wisata

Sumber gambar: wendywutours.co.nz

Enaknya di Negara Korea, pemerintah setempat memberikan tur gratis kepada para wisatawan. Tinggal cari infonya di internet, yang berbayar juga ada dengan fasilitas lebih wah tentunya.

Kalau telat baca info di internet Anda bisa mengunjungi Korean Tourism Office di mana disini bisa mendapatkan segala info dan event yang akan digelar.

Lebih enak lagi Anda bisa menaiki Seoul City Tour Bus, dengan bus ini bakal dianterin ke lokasi lokasi wisata Korea tanpa ngeluarin biaya hohoho.

 

  1. Makan

Sumber: migrationology.com

Dimana aja kita pasti butuh yang namanya makan, namun Anda harus ekstra jeli dan hemat biaya sekali makan di rumah makan pinggiran sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000-an sekali makan nih.

Namun kalau mau ngirit Anda bisa cari makanan-makanan instant yang ada di minimarket setempat. Yah nggk apa-apa kan hidup ala kos kosan.

Nah itu tadi perkiraan biaya untuk perjalanan traveling di Korea Selatan. Namun ada baiknya kita membawa uang lebih. Buat berjaga-jaga ada something selama di perjalanan. Gak mau kan kita terjebak di Korea Selatan sebagai cerita liburan. Susah pulangnya hihihi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *