Mau Liburan ke Korea Utara? Ini yang Wajib Kamu Ketahui

Mau Liburan ke Korea Utara? Ini yang Wajib Kamu Ketahui

Berbeda dengan negara tetangganya yang juga masih saudara yakni Korea Selatan, untuk berlibur ke Korea Utara dibutuhkan nyali yang besar. Karena adanya beberapa kasus belakangan yang juga menimpa wisatawan dari luar negeri.

But, don’t worry. Sebenarnya Korea Utara sekarang ini sudah sedikit terbuka dengan yang namanya wisatawan, asal kita menaati segala peraturan yang ada di negara tersebut. Mau tahu apa saja peraturan wajib diketahui ketika liburan ke Korea Utara? Simak langsung:

 

  1. Hanya Ada Satu Maskapai Penerbangan

Masuk ke Korea Utara tidak sembarangan. Hanya ada satu maskapai yang bisa landing di negara ini yakni Maskapai Koryo. Untuk naik pesawat ini, kalian harus transit di Beijing di Tiongkok terlebih dahulu.

Buat yang punya kewarganegaraan Amerika dan Israel, lebih baik urungkan niatnya masuk Korut deh, hehe.

 

  1. Masalah Paspor dan Visa

Sumber gambar: anothernorthkoreablog.files.wordpress.com

Ketika Anda sampai di bandara Pyongyang, paspor akan disita oleh pihak bandara dan distempel oleh pihak imigrasi Korut. Baru akan dikembalikan ketika Anda pulang.

Sedangkan masalah visa sendiri sudah paketan, dan hanya sekali pengajuan. Jika visa diterima maka bakal mendapatkan akomodasi hotel, makan dan biaya lainnya. Tapi negara asal wisatawan harus ada hubungan diplomatik dengan Korea Utara.

Dengan peraturan seperti itu kalian enggak bisa jalan-jalan sendiri, harus bareng dan menggunakan paket tour Ke Korea Utara.

 

  1. Kemanapun Tidak Boleh Sendirian

Sumber gambar : cnn.com

Selain harus menggunakan jasa paket tour ke Korea Utara, setelah tiba di negara komunis ini kalian akan terus dikawal oleh tour guide resmi dari pemerintah setempat.

Bahkan ketika bangun pagi pun kalian akan dibangunin, namun keamanan kalian bersama mereka akan terjaga penuh. Jadi semacam punya bodyguard gitu deh.

 

  1. Meminta Izin Jika Ingin Mengambil Foto

Sumber gambar: tripzilla.com

Kalau membawa kamera ke mana-mana sih itu terserah Anda, namun objek yang akan di foto tidak boleh sembarangan karena ada beberapa tempat yang memiliki privasi dan haram untuk dijepret ketika liburan di Korea Utara.

Seperti kawasan militer, kawasan miskin, pertokoan dan perumahan. Untuk amannya tanyakan aja sama si pemandu apa saja yang boleh dipotret.

 

  1. Wajib Membungkuk pada Sang Pelopor Besar

Sumber Gambar : Wikipedia

Walaupun kalian wisatawan, kalian tetap wajib membungkuk di depan patung raksasa Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il.

Kalau tidak mau membungkuk di depan kedua patung ini, konsekuensinya adalah usir paksa. Bahkan ada kabar kalian akan dipukuli loh.

 

  1. Hasil Foto Jangan Dijual

Beberapa media kadang menginginkan hasil foto kalian ketika ada di Korea utara, karena memang jarang sekali foto negara tersebut di bahas di media. Namun jangan berani berani menjual foto ini pada media massa. kalau sampai melanggar maka izin negara yang melanggar akan dicabut selamanya.

Tapi kalau mau diunggah di blogger buat ulasan sepertinya masih oke oke aja :).

 

  1. Tak Sembarang Souvenir Bisa Dibawa Pulang

Sumber gambar: kdtokimchi.files.wordpress.com

Kalau di beberapa negara lain berlomba-lomba menjual suvenir khas negaranya, hal tersebut tidak dengan Korea Utara. Kalian harus bertanya dulu pada guide barang apa saja yang bisa dibawa pulang.

Di sana, dipisah barang yang boleh dibeli orang Korut saja dengan barang yang diizinkan untuk wisatawan mancangegara.

Jadi, bagaimana pandangan Anda tentang liburan di Korea Utara yang telah sedikit dijelaskan di atas? Masih berminat atau sudah keder duluan nih? Tapi apa salahnya mencoba melihat negara tersebut yang jarang terekspose dunia. Banyak tentara cantik loh disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.