Menariknya Keadaan Alam Afrika Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Menariknya Keadaan Alam Afrika Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Wisata alam Afrika bagian selatan sangat menarik karena keadaan alam Afrika Selatan yang mengagumkan. Kondisi alamnya yang berada di wilayah subtropis, membuka potensi pariwisata. Beragamnya relief tanahnya mulai dari pegunungan, dataran rendah, hingga pantai akan melengkapi deretan destinasi wisata. Inilah profil Afrika Selatan.

1.     Mempunyai Wilayah yang Luas

Salah satu wilayah di Benua Afrika ini mempunyai wilayah yang luas. Bagaimana tidak, Benua Afrika sendiri saja mempunyai wilayah 1/5 dari seluruh wilayah daratan di bumi. Luasnya wilayah tersebut merupakan suatu keuntungan tersendiri untuk keadaan alam Afrika Selatan.

Dengan wilayah yang luas, aset semakin besar dan bisa digunakan untuk mendukung kegiatan perekonomian dalam berbagai hal, termasuk dalam hal pariwisata. Setiap daerah di Afrika Selatan mempunyai potensi pariwisata yang berbeda-beda. Luasnya daerah  menyebabkan lebih banyak pula destinasi wisata yang dimiliki.

2.     Panorama Alam Pegunungan

Alam pegunungan di daerah Afrika Selatan memang berbeda dari lainnya. Wilayah Afrika bagian selatan ini mempunyai beragam bentuk wilayah, termasuk pegunungan. Area pegunungannya terbilang sangat luas dengan keindahan panoramanya yang memukau.

Pegunungan Drakensberg adalah yang terkenal dengan Gunung Tabhana Ntlenyana sebagai puncak tertingginya. Bentang alam Swaziland juga menjadi panorama alam menyejukkan di daerah Afrika Selatan. Kawasan pegunungan tersebut sudah ada yang dibuka untuk tempat wisata.

3.     Mempunyai Banyak Sungai

Sebagian besar wilayah Benua Afrika memang cenderung gersang. Meskipun demikian, bukan berarti minim sumber air. Di wilayah Afrika bagian selatan, banyak terdapat sungai dengan aliran yang stabil. Kondisi airnya juga masih terjaga, terlihat dari aliran airnya yang jernih.

Sungai Oranye adalah sungai terpanjang yang mengaliri kawasan Afrika Selatan. Mata airnya berasal dari Pegunungan Drakensberg. Jika menyusuri pegunungan ini lebih lanjut, ditemukan kawasan Swaziland yang di arah timurnya adalah daerah patahan Lumbobo yang jadi aliran Sungai Usutu, Sungai Komati, dan Sungai Mboluzi.

4.     Kondisi Iklim Subtropis

Iklim di Afrika Selatan yang subtropis menjadi suatu kondisi alam yang menarik. Dengan iklim tersebut, kamu bisa mendapatkan pengalaman baru menjelajah Afrika Selatan dalam berbagai jenis musim. Iklim subtropis tersebut mengundang ketertarikan untuk menikmati beragam keadaan alamnya di setiap musim.

Sebelumnya, lebih banyak orang yang menganggap keadaan alam Afrika Selatan yang gersang dan kurang subur. Hal tersebut memang benar, namun tidak semua wilayahnya seperti itu. Banyak sungai membentang di wilayah Afrika Selatan dengan daerah pegunungan yang indah. Profil Afrika Selatan tersebut dapat membantumu mengetahui lanskap alamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *