Piknik Sambil Nonton Upacara Adat Sumatera Selatan, Yuk!

Piknik Sambil Nonton Upacara Adat Sumatera Selatan, Yuk!

Bila berwisata di suatu tempat, rasanya kurang lengkap bila tak melihat pertunjukan kebudayaannya. Nah, bila kamu sedang di Sumatera Selatan, pastinya tak boleh melewatkan kebudayaan Sumatera Selatan. Ada banyak upacara adat Sumatera Selatan yang bisa kamu nikmati selama ada di sini dan pastinya keren. Apa saja itu? Cek di sini!

1. Madik

Madik adalah salah satu upacara khas Sumatera Selatan. Ini dilakukan oleh warga Palembang sebelum menikah di mana pihak keluarga laki-laki akan mendatangi keluarga perempuan sebagai upaya perkenalan. Madik ini juga dilakukan sebagai upaya untuk mendekatkan diri antara pihak pengantin perempuan dan laki-laki beserta keluarganya.

2. Mutus Kato

Mutus Kato sebenarnya adalah upacara khas Palembang yang masih berhubungan dengan pernikahan juga. Pada acara ini, ada prosesi saling bertukar kata-kata indah dan pantun yang selanjutnya diteruskan dengan penyerahan seserahan dan mengunyah sirih bersama-sama. Ini adalah simbol saling setuju untuk mengingatkan kedua belah pihak satu sama lain.

3. Mangarak Pacar

Tradisi adat lain yang bisa kamu temui di Sumatera Selatan adalah mangarak pacar. Tradisi ini juga masih berhubungan dengan pernikahan adat Sumatera Selatan. Dalam tradisi ini, pengantin dibawa berkeliling kampung dengan rombongan dari pihak kedua keluarga. Para pengantin ini nantinya akan ditaburi beras kunyit oleh pemangku adat sebagai tanda pemberkatan.

4. Bekarang Iwak

Upacara adat yang satu ini berasal dari daerah Gandus, Sumatera Selatan. Ini adalah acara menangkap ikan bersama-sama untuk dibawa pulang secara gratis. Ikan-ikan paling besar nantinya akan dikumpulkan guna dijual. Hasil penjualan ikan tersebut digunakan untuk kepentingan umum seperti membangun jalan ataupun sarana umum lain.

5. Sedekah Rame

Ada juga acara sedekah rame. Ini adalah upacara yang dilakukan para petani di Palembang. Acara ini ada bertujuan untuk meminta perlindungan dan anugrah dari Tuhan yang Maha Esa dan agar proses menanam padi hingga panen berjalan tanpa hambatan. Sedekah ini dilakukan secara bersama-sama dengan membakar kemenyan dan memanjatkan doa.

Itulah beberapa kebudayaan Sumatera Selatan yang sayang kamu lewatkan ketika berada di provinsi tersebut. Ada banyak upacara adat Sumatera Selatan lainnya yang bisa kamu lihat. Semua upacara adat tersebut diadakan dengan maksud dan tujuan yang baik dan untuk mewariskan dan menjalankan peninggalan para leluhur yang dimiliki oleh warga Sumatera Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *