Restoran Halal di Jepang dan Cara Mengetahuinya (Mengetahui Itu Halal atau Tidak)

Restoran Halal di Jepang dan Cara Mengetahuinya (Mengetahui Itu Halal atau Tidak)

Walaupun memiliki sejarah yang buruk di masa lampau antara Jepang dan Indonesia, saat ini kedua negara sudah mempererat hubungan diplomatiknya. Oleh karenannya Jepang juga menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi orang Indonesia, bahkan pertukaran pelajar sudah banyak dilakukan kedua belah pihak.

Nah buat para pelancong yang mau bepergian ke Jepang, terutama mereka yang Muslim, pasti sedikit khawatir dengan menu makanan yang bakalan disajikan di Jepang, karena kita sering melihat kan di TV kalau banyak menu haram disajikan. Mau tahu daftar makanan halal di Jepang? Yuk simak:

 

  1. Udon

Adalah sebuah makanan dengan bahan dasar mi berbentuk putih dan sedikit tebal. Kenapa halal karena mi ini berbahan dasar dari tepung gandum, air, dan garam.

Udon ini makanan yang umum ditemui di Jepang, mulai dari restoran besar dan kecil pasti memiliki menu ini, biasa di sajikan panas ataupun.

 

  1. Sushi

Nah menu ini sudah pada tahu kan, tidak hanya di Jepang saja sushi sudah umum ditemukan di Indonesia. Makanan ikonik negara Jepang ini biasanya berbahan dasar Ikan, seperti tuna, salmon, atau tongkol. Ditambah dengan variasi seperti sayuran, telur, cuka dan nasi.

 

  1. Ramen

Layaknya udon, ramen adalah mi khas Jepang, dengan bentuk yang tipis namun agak lebar berwarna kuning, biasanya disajikan dengan kuah yang sedikit banyak menggunakan kaldu ikan yang menggoda.

Namun ada beberapa jenis kaldu yang digunakan yakni Shoyu, Shio, Miso dan tonkotsu.

Nah kalau kalian melihat atau ada menu ramen tonkotsu segera ditolak karena ini bahan dasarnya dari babi.

 

  1. Tempura

Ini bukan tempura yang banyak dijual di depan sekolah SD di Indonesia. Tempura berasal asli dari Jepang, salah satu makanan khas yang sudah mendunia. Bahan dasarnya dari ikan, jamur, daging, dan sayuran dicampur jadi satu lalu di goreng sampai renyah.

 

  1. Shabu

Daftar makanan halal di Jepang selanjutnya adalah shabu. Shabu adalah sebuah daging yang diiris dengan sangat tipis, cara memakannya dengan mencelupkan daging tipis ini kedalam air kaldu yang sudah mendidih. Terdapat variasi lain seperti sayuran plus telur.

Di atas adalah beberapa menu makanan berat halal yang banyak dan mudah dicari di Jepang. Kalau ingin tahu sedikit ciri makanan haram di Jepang biasanya warungnya menyediakan menu berbabi. Lalu, ada bahan seperti alkohol, gelatin, brendi, kaldu (babi), lemak hewan (babi). Lalu, jajanan di Jepang yang haram biasanya ada bahan seperti Emulsifier, ekstrak beef, ekstrak daging dll. Udah tahu sedikit cirinya kan>

 

Lanjut ke Daftar Snack Halal di Jepang:

 

  1. Okaki

Jenis makanan ini banyak ditemukan di daerah Asakusa, tahu sendiri kan kalau di Asakusa banyak makanan-makanan halal bertebaran. Seperti Okaki, Asakusa juga bakal banyak dijual di sini, dan sudah tentu halal.

 

  1. Yatsuhasu

Salah satu camilan khas Jepang yang sudah terjamin halalnya karena hanya terbuat dari gula, bubuk cengkeh dan tepung beras. Cara menikmatinya juga ada beberapa hal yakni dengan cara disantap mentah ataupun matang.

 

  1. Sata Andagi

Daftar kudapan halal di Jepang terakhir adalah Sata Andagi. Makanan ini rasanya persis seperti donat, rasanya yang manis serta teksturnya kenyal bikin kita lupa diri kalau sudah makan. Donat ini sendiri merupakan donat khas dari Okinawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *