Sejak Kapan Ada Budaya Mudik di Indonesia?

Sejak Kapan Ada Budaya Mudik di Indonesia?

Budaya mudik di Indonesia tampaknya tak bisa dilepaskan. Sampai saat ini, setiap tahun ada jutaan warga Indonesia yang kembali ke kampung asalnya pada hari besar seperti lebaran dan natal. Mudik 2018 ini sepertinya juga akan begitu. Tapi, sebenarnya sejak kapan budaya mudik berkembang di Indonesia? Adakah budaya mudik di luar negeri juga? Cek di sini!

Sejarah Mudik di Indonesia

Kata mudik sebenarnya adalah singkatan dari kata mulih dilik yang bisa diartikan sebagai pulang sebentar. Namun, ada juga yang mengartikan mudik berasal dari kata udik yang artinya kampung, desa, dusun atau daerah yang merupakan lawan dari perkotaan. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa mudik adalah kegiatan seseorang pulang ke desa halaman.

Tradisi mudik di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Dulu, para perantau selalu pulang ke kampung halaman dengan tujuan tertentu. Salah satunya untuk membersihkan makam para leluhur. Ini dilakukan untuk meminta keselamatan dan mencari rezeki yang lebih baik.

Namun, istilah mudik lebaran di Indonesia sebenarnya baru berkembang sekitar tahun 1970. Jakarta adalah pusat dari orang-orang yang melakukan urbanisasi. Para urban yang bekerja di Jakarta ini biasanya hanya mendapat libur panjang pada saat lebaran. Nah, momen inilah yang dimanfaatkan oleh para urban untuk kembali ke kampung halaman sebentar.

Tradisi Mudik di Luar Negeri

Ternyata, tradisi mudik bukan hanya berlaku di Indonesia. Di beberapa negara di dunia juga terjadi di luar negeri. Salah satunya adalah Malaysia. Di Malaysia, tradisi ini dikenal dengan nama balik kampong dan terjadi saat lebaran dan Imlek. Ada juga di negara Bangladesh. Tak jauh berbeda dengan Indonesia, di sini orang-orang juga kembali saat lebaran.

Di India, tradisi ini juga berlangsung. Orang-orang juga berbondong-bondong pulang ke kampung halaman saat libur Idul Fitri. Mereka juga melakukan tradisi yang sama seperti perayaan lebaran di Indonesia. Masih ada Mesir. Di sini orang-orang juga melakukan tradisi mudik untuk bersilahturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Nah, ternyata budaya mudik di Indonesia sudah berlangsung sangat lama, kan? Mudik 2018 ini tak hanya terjadi di Indonesia saja ternyata. Tapi juga di luar negeri. Kamu bisa melihatnya di berbagai negara di atas. Mudik memang hal yang menyenangkan karena bisa bertemu dengan orang terdekat. Namun, kamu juga jangan sampai kebablasan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *