Syarat Pengajuan Visa ke Jepang

Syarat Pengajuan Visa ke Jepang

Salah satu negara di Asia yang dijadikan target kunjungan wisata dan kerja adalah Jepang. Untungnya, sekarang ini kita makin dipermudah ketika mau ke sana, karena bagi kamu yang sudah punya e-Paspor Indonesia, punya kesempatan untuk mendapatkan visa ke Jepang gratis, lho!

Tapi tetap, untuk mendapatkan visa Jepang e-Paspor gratis ini, kalian harus datang ke Kedutaan Besar Jepang bagian visa dan konsuler.

 

Visa yang dikeluarkan otoritas Jepang ada beberapa jenis:

  • Visa kunjungan sementara untuk mengunjungi keluarga
  • Visa kunjungan sementara untuk tujuan berwisata
  • Vita kunjungan sementara untuk berbisnis
  • Visa khusus biasanya bagi para pelajar atau pekerja yang menetap dalam jangka waktu yang cukup lama
  • Visa transit

 

 

Jika ingin mengajukan Visa Jepang E Paspor secara gratis kalian harus siapkan e-paspornya. Setelah itu isi registration form or visa waiver to enter Japan. Lembaran ini akan kalian bawa menuju loket A di Kedutaan Besar Jepang.

Jika data yang diserahkan sudah lengkap maka kalian akan mendapatkan e-paspor yang memiliki tanda bebas visa. Waktu selesai paling lama sekitar 2 hari.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Segera bikin visa Jepang e-paspor aja deh, dari pada lewat jasa agen yang tentu harganya sedikit lebih mahal.

Nah, visa jenis tadi memang untuk yang ingin berwisata. Sekarang bakal dibahas cara mengurus visa kerja ke Jepang. Simak yang berikut ini:

 

Syarat utama yang harus dipenuhi:

  1. Memiliki Paspor
  2. Mengisi formulir permohonan visa di tautan berikut. Jangan lupa sertakan foto dengan ukuran 4,5×4,5cm berlatar belakang putih, diambil paling lama 6 bulan lalu, bukan hasil edit, dan gambar jelas.
  3. Fotokopi KTP
  4. Certificate of Eligibility (asli dan fotokopi)

 

Syarat-syaratnya cukup mudah kok. Setelah kalian memiliki persyaratan di atas, kalian langsung menuju ke Kedutaan Jepang yang ada di Indonesia menuju ke loket A dan berikan berkas kamu. Apabila berkas sudah lengkap, pasti deh bisa diterima. Biayanya juga tidak terlalu mahal kok, tak sampai Rp1 juta.

Untuk para anggota keluarga yang memiliki anak dibawah umur atau lansia, diperbolehkan menggunakan nama aplikan untuk pengajuan. Yang penting keluarga ini masuk dalam kartu keluarga yang sama.

Lama proses jadi visa bervariasi. Ada yang cepat atau bahkan lama. Yang memengaruhi lama tidaknya proses adalah dokumen aplikan ini tidak lengkap atau kadang dimintai mengirim dokumen tambahan. Perlu pula diingat jika pihak Kedutaan tetap bisa tidak menyetujui visa kamu meskipun dokumen yang diajukan sudah lengkap, dengan beberapa alasan tertentu.

 

Tidak terlalu sulit bukan mengajukan visa ke Jepang? Dibandingkan pengajuan visa ke Amerika ataupun Australia, Jepang ini jauh lebih mudah dan tidak ribet. Semoga pengajuan visa kamu bisa diterima, yah. Hati-hati selalu dalam perjalanan. Terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *