Tips Mudik Bersama Balita Agar Aman dan Lancar

Tips Mudik Bersama Balita Agar Aman dan Lancar

Mudik bersama balita adalah hal yang bisa jadi paling ribet untuk dilakukan. Jangankan saat perjalanan, di rumah saja kadang balita sangat menyusahkan. Namun, kamu tetap bisa mudik dengan aman dan lancar bila menerapkan tips mudik bersama balita berikut ini. Selain itu, kamu juga bisa mendapat pengalaman yang menyenangkan. Apa saja tipsnya?

1. Beritahu Anak Kota Apa yang Hendak Dikunjungi

Sebelum berangkat, ada baiknya kamu memberitahu pada buah hati ke mana kalian hendak pergi. Berapa jarak yang harus ditempuh dan berapa lama kalian di perjalanan. Balita, meskipun belum mengetahui hitung-hitungan waktu, bila diberitahu mereka bisa mengerti. tapi mereka perlu penjelasan yang konkrit supaya bisa mengerti.

2. Tunjukkan Kota yang Hendak Kalian Kunjungi Via Internet

Lalu, kamu bisa mencoba memperkenalkan kota yang hendak dikunjungi via internet. Misalnya saja menunjukkan siapa saja saudara yang bisa kalian temui di sana. Lalu, apa saja lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Jelaskan juga mengenai makanan khas dari wilayah tersebut. Siapa tahu mereka tertarik dan tak sabar untuk ke sana!

3. Siapkan Tiket Pergi Pulang

Agar lebih praktis, ada baiknya kamu menyiapkan tiket pergi pulang sedari awal sebelum berangkat. Tujuannya tentu saja untuk antisipasi agar kamu tak kehabisan tiket. Bisa gawat bila kamu mudik bersama balita tapi tiketnya tak kamu dapatkan. Mereka bisa mengamuk. Bila naik kendaraan pribadi sih tak masalah.

4. Jangan Bawa Semua Isi Lemari

Membawa barang untuk balita memang perlu, tapi tidak semua isi lemari juga perlu kamu bawa. Buatlah daftar barang penting mana yang harus kamu bawa. Selain bisa memudahkan kamu saat berangkat, kamu juga tak akan ribet bila harus membawa barang tersebut ke mana-mana. Lagipula, barang ini juga tak akan membebani bagasimu.

5. Persiapkan Makanan Kecil

Balita dan anak-anak akan rewel bila perut mereka kosong. Untuk itu, kamu harus menyiapkan makanan kecil untuk mereka selama perjalanan. Tapi ingat, jangan sampai mereka terlalu kenyang juga. Bisa-bisa nanti mereka muntah selama perjalanan. Bawalah makanan kecil seperti biskuit, roti isi dan lainnya untuk mengganjal perut si kecil.

Itulah beberapa tips mudik bersama balita yang ampuh dan bisa kamu terapkan agar mudikmu menjadi aman dan lancar. Selain mempraktikkan tips di atas, sebaiknya kamu juga membawa persediaan obat seperti plester dan obat luka. Tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi bila anak mengalami cedera selama perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *