Yuk, Berburu Kue Betawi Tempo Dulu untuk Buka Puasa!

Yuk, Berburu Kue Betawi Tempo Dulu untuk Buka Puasa!

Bulan puasa sebentar lagi. Apa yang paling dinantikan saat waktunya tiba? Buka puasa, kan? Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, ada banyak tempat buka puasa di Jakarta yang bisa kamu datangi. Beberapa di antaranya masih menjual kue Betawi tempo dulu. Meski saat ini jajanan Betawi sudah kurang peminatnya, kue ini tetap ada, kok! Lalu, apa saja kuenya?

1. Kerak Telor

foto: readingsocially.com

Salah satu makanan khas Betawi yang masih bisa dan cukup mudah ditemukan di Jakarta adalah kerak telor. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di sekitaran Kota Tua atau Pekan Raya Jakarta. Jajanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan bumbu serta telor yang dikocok dan dimasak di atas kuali hingga jadi kerak. Rasanya lumayan lezat, lho!

2. Kue Rangi

foto: lifestyle.sindonews.com

Kue khas Betawi lainnya yang bisa kamu coba untuk buka puasa adalah kue rangi. Kue ini juga masih cukup mudah ditemukan di Jakarta. Kue yang satu terbuat dari adonan tepung beras yang dipanggang dalam cetakan berbantuk lingkaran dengan api kecil. Disantap dengan lelehan gula merah yang berwarna cokelat, pasti akan membuat lidahmu bergoyang.

3. Kue Talam

Kue khas Betawi lainnya adalah kue talam. Kue ini juga terbuat dari tepung beras. Hanya saja, cara masaknya yang berbeda. Kue ini dimasak menggunakan santan dan gula lalu dikukus. Meski agak lengket di tangan, kue ini bisa membuatmu ketagihan saat mencicipinya, lho! Tak percaya? Coba saja!

4. Kue Cente Manis

foto: cookpad.com

Lalu ada kue cente manis. Kue ini adalah jajanan khas Betawi yang dikukus dalam bungkus plastik. kue ini terbuat dari tepung hunkwe, santan, gula serta cente manis alias sagu mutiara. Rasanya lumayan untuk kamu yang baru mencicipinya.

5. Kue Pancong

Jajanan yang satu ini masih bisa dengan mudah kamu temui hampir di seluruh tempat di Jakarta. Kue ini sekilas mirip dengan kue rangi. Bedanya hanya pada cara memakannya saja. Yup! Kue rangi disajikan dengan saus gula merah yang disiram di atas kue. Sedangkan kue ini dimakan dengan taburan gula pasir di atasnya. Tapi sama-sama lezat, kok!

Itulah beberapa kue Betawi tempo dulu yang bisa kamu jadikan menu buka puasa yang antimainstream. Saat ini, masih banyak tempat buka puasa di Jakarta yang menyediakan menu khas tempo dulu ini. Meskipun begitu, tak semuanya bisa kamu temukan dengan mudah, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *